Overview Sistem Pendidikan FIWA


Bismillah,

Walisantri/Calon Walisantri FIWA yang kami hormati,

Berikut kami sampaikan program-program pembelajaran di FIWA, baik program diniyah maupun program umum non diniyah.

*A. Bidang Diniyah*

1. FIWA menggunakan kurikulum diniyah KSA (saudi) dengan bahasa pengantar bahasa Arab. Juga tersedia kitab2 ulama kontemporer dan klasik sebagai kitab pendukung pembelajaran santri yang akan diletakkan di maktabah FIWA, agar santri dapat mendalami ilmu yang sudah dipelajari di kelas.

2. Program belajar berkesinambungan, ilmu dipelajari di kelas, dipraktekan dan diajarkan kepada orang lain dalam skala kecil di asrama (berupa Muhadhoroh, kajian santri, menulis di blog) agar menjadi habbit santri, didakwahkan di luar ma'had dengan mengajarkan kepada karib/kerabat terdekat.

3. Tahfidz Al-Quran.

* FIWA memiliki 5 level program tahfizh (tahsin agar qiroah semua santri mujawwadah, belajar menghafal, tahfizh 1/2 hal per hari, tahfizh 1 hal per hari, mutqin bersanad)

* Hafalan mufrodath Al Quran

* Kajian tafsir al quran mingguan

* Tahfizh camp setiap Sabtu, jam 4-6, jam 8-11, untuk murojaah dan ujian tahfizh yang telah dihafal selama ini.

* Standardisasi methodology pengajaran tahfizh bagi semua Muhafidz agar target setoran baru 0,5 halaman/per hari dapat tercapai, in syaa Allah. Apabila target setengah halaman/hari ini tercapai, maka santri bisa menyelesaikan hafalan Al-Quran 30 juz dalam waktu 5-6 tahun.

* Program Tahfizh Al Quran FIWA dibimbing oleh Syeikh Mansoor Abdullah Ghaleb Qatuh.

Berikut biography singkat beliau:
• Berasal dari Yaman
• Hafidz 30 Juz
• Memiliki sanad tahfidz dan berhak memberikan sanad tahfidz
• Memiliki sanad tajwid dan berhak memberikan sanad tajwid
• Menguasai Qiro’at Al Asyaroh
• Memiliki kemampuan Bahasa Arab Fusha
• Sarjana S2 dr Univ. Al Eiman - Yaman

4. Methodology Pembelajaran ulum syar'i. FIWA mengadopsi blooms taxonomy dan active learning, dengan menitik beratkan pemahaman dan aplikasi ilmu yang dipelajari santri. Diantaranya dengan pemberian tugas berupa menulis article berbahasa Arab, membuat kamus bergambar dalam bahasa Arab, pidato dan kajian berbahasa Arab oleh santri, cerdas cermat dengan soal problem seputar topics yang dipelajari selama satu bulan terakhir dan santri dituntut untuk memecahkan masalah berdasarkan dalil-dalil dari Alquran dan sunnah sesuai pemahaman salafush shalih. Ini in syaa Allah yang membantu mempersiapkan mereka menjadi calon ulama masa depan, sesuai ciri khas ulama ahlussunnah yang tidak berhujjah melainkan dengan dalil yang shahih dari Al Quran dan sunnah sesuai pemahaman salafush shalih.

5. System Evaluasi Akhir. FIWA menggunakan pendekatan ujian akhir secara tertulis dan lisan dalam bahasa Arab. Hal ini sangat penting guna mempersiapkan mereka menghadapi muqobalah/ujian masuk Universitas Islam Madinah atau LIPIA.

6. Penerapan sunnah dalam 24 jam kehidupan santri di asrama. Semua kegiatan santri dibuatkan SOP yang disusun sesuai sunnah. Mulai sunnah bangun tidur, thoharoh, keluar asrama, sunnah ke & di masjid, sifat sholat nabi, dzikir ba'da sholat, tahfizh, dzikir pagi/petang, mandi, berpakaian, makan/minum, muamalah sesama muslim, sunnah belajar, dll hingga sunnah sebelum tidur.

7. ARABIC PROGRAM. In syaa Allah semua musyrif FIWA mahir berbahasa Arab. Mereka akan tinggal di kamar bersama santri agar praktek bahasa Arab dan adab/ahlaq santri terbina dengan baik.

 

*B. Program Umum*

1. FIWA unique curriculum. Alhamdulillah sudah disusun kurikulum khas FIWA yang menggunakan Cambridge sebagai corenya, ditambah kurikulum Nasional yang tidak terdapat di dalam Cambridge akan tetapi di UN kan. Pembelajaran dilakukan full English dengan mengadopsi blooms taxonomy dan active learning.

2. CAMBRIDGE program. Untuk mata pelajaran umum, FIWA menggunakan kurikulum Cambridge yang diajarkan dalam bahasa Inggris. In syaa Allah bulan Mei 2017, FIWA akan resmi mengajukan diri menjadi CIE (Cambridge International Examination) Center. Sehingga in syaa Allah bulan Juli, FIWA secara official menjalan program Cambridge IGCSE, AS/A Level. Dengan demikian, in syaa Allah FIWA akan menjadi Boarding school pertama di Indonesia yang menjadi Cambridge CIE. Dengan mendapatkan certificatr Cambridge AS/A Level, para santti FIWA bisa melanjutkan pendidikan ke berbagai Universitas terbaik di dunia.

3. SCIENCE program. FIWA menggunakan STEM (science technology engineering mathematics) sebagai methodology pembelajaran science dengan Memperkuat activities2 yang mengintegrasikan interdisciplinary mapel. In syaa Allah anak-anak FIWA akan terbiasa critical thinking, analytical dan innovative.

4. Try-out UN/SNMBPTN. FIWA rutin melakukan Try-out soal2 UN/SNMBPTN kedalam aktifitas mingguan/bulanan santri, agar mereka terbiasa dengan pola2 soal UN dan SNMBPTN.

5. Entrepreneurship Curriculum. FIWA memiliji kurikulum Entrepreneurship khas FIWA yang diadopsi dari Young Entrepreneurship Academy University of IOWA (USA), Enterprise & Business Development (Cambridge). Mapel entrepreneurship diajarkan 2 jam per pekan dan ada tugas student store di boarding dan entrepreneurs in the real world di luar asrama, termasuk online store.

6. Leadership Program. Bekerjasama dengan salah satu Leadership program consultant, FIWA In syaa Allah akan segera menjalankan program Leadership "The Leader In Me" untuk membangun jiwa leadership santri FIWA. Program ini sangat penting untuk memperkuat personality tiap2 santri serta membangun jiwa sosial mereka, sehingga memudahkan mereka menghadapi segala persoalan kehidupan pesantren, dan yang terpenting mempersiapkan mereka menjadi Future Leaders.

7. English development program. FIWA terus memperkuat English development team dengan masuknya guru bahasa Inggris yang sudah senior dan sangat berpengalaman. Sementara di asrama, praktek bahasa akan diperketat dibawa pengawalan langsung ustadz Syabani dari Tanzania yang fasih berbicara bahasa Inggris, Arabic dan Indonesia.

8. Program Olahraga. Alhamdulillah ustadz Mouchine akan membimbing santri FIWA dalam program olahraga yang terprogram dengan baik. Ustadz Mouchine berasal dari Maroko, fasih berbicara 5 bahasa: Arabic, English, France, Dutch, Indonesia. In syaa Allah bersama beliau juga ada pelatih khusus Beladiri wingchun, Tenis meja, Basketball, Panahan, Badminton dan Renang untuk melengkapi ustadz Mouchine yang merupakan pelatih sepakbola kelas International school Soccer Academy.

 

Demikian gambaran singkat program Pesantren FIWA.

In syaa Allah dengan dukungan kita semua, FIWA siap mencapai visinya menjadi Indonesia Benchmark School in 2019 and World Model Islamic School in 2020, in syaa Allah.